•NILAI NILAI KEMENTERIAN KEUANGAN • Integritas • Profesionalisme • Sinergi • Pelayanan • Kesempurnaan • >> Integritas • Bersikap jujur, tulus dan dapat dipercaya • Menjaga Martabat dan tidak melakukan hal-hal tercela :: Profesionalisme • Mempunyai keahlian dan pengetahuan yang luas • Bekerja dengan hati :: Sinergi • Memiliki sangka baik, saling percaya dan menghormati • Menemukan dan melaksanakan solusi terbaik :: Pelayanan • Melayani dengan berorientasi pada kepuasan pemangku kepentingan • Bersikap proaktif dan cepat tanggap :: Kesempurnaan • Melakukan perbaikan terus menerus • Mengembangkan inovasi dan kreativitas <<
 

MEMAHAMI INTERNAL CONTROL MELALUI PRAKTEK

Senin, 8 Juli 2013

(Tulisan satu dari dua tulisan)

 

Penulis: C.M Susetya (Kepala Bagian Umum Sekretariat Inspektorat Jenderal)

 

Tulisan ini akan membahas fungsi yang terakhir dari fungsi manajemen, yaitu : CONTROLLING. Kalau membicarakan tentang fungsi ini, saya akan selalu teringat saat saya harus menghadapi Temuan-Temuan Hasil Audit baik dari Internal atau Eksternal Audit. Salah satu yang terngiang adalah saat Temuan Hasil Audit tersebut menyebutkan penyebab dari kondisi yang ditemukan, selalu menyebutkan : ”Hal ini disebabkan karena LEMAHNYA PEGENDALIAN INTERNAL yang ada”.

 

Apa itu ? Dalam benak saya, lemahnya ini karena saya tidak secara aktif melakukan pengawasan kepada anak buah ? Saat itu, salah satu bentuk pengawasan adalah pengawasan melekat, sebuah jargon yang gampang diucapkan tapi tidak mudah diimplementasikan. Melekatnya gimana ? Pakai sistem atau tidak ? Karena barus menjabat sebagai Kasubbag, maka juga tidak tahu pengawasan melekat itu bagaimana. Yang ada dalam pikiran, pengawasan melekat itu ya ...pengawasan yang terus menerus melotot kepada bawahan dan itulah yang dinamakan pengawasan melekat. Memang tidak mudah menterjemahkan fungsi controlling itu, dan seperti belajar, pengertian itu akan bertumbuh.

readmore

THIRD LINES OF DEFENCE : SIAPA, APA DAN BAGAIMANA ?

Selasa, 2 Juli 2013

 

Penulis: C.M Susetya (Kepala Bagian Umum Sekretariat Inspektorat Jenderal)

 

Dua tulisan terdahulu telah kita pahami apa itu First and Second Lines of Defence. Tulisan kali ini akan membahas lini pertahanan ketiga atau yang sering kita sebut sebagai The Third line of Defence. Sama halnya dengan The first and The Second Line, dalam gambar di bawah third line digambarkan sebagai sisi yang paling kanan, dengan tulisan dalam kotak hijau menunjukkan tugas dan fungsi lini ketiga ini yaitu : Internal Audit. Dalam organisasi Kementerian Keuangan Third Line of Defence ini adalah : Inspektorat Jenderal, sebagai unit pengawasan internal untuk seluruh organ Kementerian Keuangan.

readmore

SECOND LINES OF DEFENCE : SIAPA, APA DAN BAGAIMANA ?

Jumat, 21 Juni 2013

 

Penulis: C.M Susetya (Kepala Bagian Umum Sekretariat Inspektorat Jenderal)

 

Mendengar Unit Kontrol Internal (UKI) bagi sebagian orang di Kementerian Keuangan mungkin juga tidak familier, apalagi untuk teman-teman di luar Kementerian Keuangan. Boleh saja  belum mengenalnya, karena memang juga baru mulai berlaku seturut terbitnya KMK nomor 152/KMK.09/2011 tentang Peningkatan Peran Pengendalian Intern di lingkungan Kementerian Keuangan, di mana salah satu poin yang penting adalah target yang harus terealisir pada tahun 2012 ini unit UKI secara permanen sudah diterapkan di setiap eselon I.

Tapi mungkin juga akan muncul pertanyaan, karena nama-nama di setiap eselon I masih agak berbeda-beda, meskipun  tugasnya yang sama dengan UKI, misalnya  Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dengan KITSDA-nya atau PUSKI di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Namun siapakah UKI itu ?

readmore

FIRST LINES OF DEFENCE : SIAPA, APA DAN BAGAIMANA ?

Senin, 17 Juni 2013

Penulis: C.M Susetya (Kepala Bagian Umum Sekretariat Inspektorat Jenderal)

 

Tulisan terdahulu tentang : Itjen Kemenkeu : Melangkah menuju Budaya Kontrol, telah sedikit membahas tentang Konsep Three Lines of Defense (Tiga Lini Pertahanan) dalam bidang control / pengendalian internal. Tulisan sekarang akan membahas apa,siapa dan bagaimana first lines of defence itu ? Dan bagaimana posisinya dalam sebuah Pengendalian Internal (Internal Control). Dengan mengetahui posisi dan  apa yang harus dilakukan berkaitan dengan pengendalian internal, maka kita akan mendapatkan sedikit gambaran tentang apa yang harus dilakukan oleh seorang First Lines of defence.

readmore

ITJEN KEMENKEU : MELANGKAH MENUJU BUDAYA CONTROL

Rabu, 12 Juni 2013

Penulis: C.M Susetya (Kepala Bagian Umum Sekretariat Inspektorat Jenderal)

 

Pembentukan UKI dalam setiap eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan adalah sebuah implementasi terkini dalam penggunaan strategi pengawasan versi COSO, yang kita kenal sebagai Three Lines of Defense (Tiga Lini Pertahanan). Konsep ini adalah merupakan adopsi peran on going monitoring dan separate monitoring oleh manajemen dan penunjukkan suatu Unit yang berperan sebagai pemonitor, unit comply, Quality Assessment, inspeksi dan Risk Management maupun peran Internal Audit (Inspektorat jenderal) dalam rangkaian defence of control.

readmore

ASET SEBENARNYA ADALAH “KITA”

Rabu, 25 Juli 2012

Penulis : Andi Kahar, Ari Nurdiansyah, Imam Mahdi (Bagian Organisasi dan Tata laksana Sekretariat Itjen)

Berbicara tentang aset di organisasi ini pasti akan selalu mengarah ke dua Subbagian, yaitu Subbagian Protokoler & Rumah Tangga dan Subbagian Perlengkapan. Karena dua Subbagian ini merupakan ujung tombak pengelolaan aset Inspektorat Jenderal. Tapi tahukah anda bahwa ada aset lain yang sangat menentukan bagi keberhasilan suatu organisasi, aset yang jika dikelola secara benar akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

readmore

Bukan Watchdog, Konsultan, Juga Bukan Katalis! Tapi Pengawas Intern

Rabu, 10 Agustus 2011

Penulis : Alexander Zulkarnain (Auditor Madya Inspektorat VII)

“Pertarungan ideologi” antara peran auditor internal sebagai watchdog dan konsultan mungkin bukan hal yang baru. Meskipun sejatinya keduanya sama dalam memainkan peran auditor internal, namun nampak adanya kesenjangan yang cukup tajam antara keduanya. Namun, sebelum berpolemik lebih jauh, ada baiknya pembahasan dikembalikan kepada “dalil” yang ada.

readmore

Perwujudan Peran Aparat Pengawasan Intern Yang Efektif

Rabu, 10 Agustus 2011

Penulis : C.M. Susetya (Kepala Bagian Umum Sekretariat Itjen)

Dalam edisi kali  ini kita akan  melihat salah satu pilar dari Lingkungan Pengendalian Internal yang ke – 7, yaitu : Perwujudan Peran aparat pengawasan intern yang efektif. Ukuran efektivitas apa sih yang harus ada dan menjadi prasyarat untuk mengukur peran aparat pengawasan intern tersebut telah efektif atau tidak ?

readmore

Yang Perlu Mendapat Perhatian pada PMK Nomor 124/PMK.09/2011

Jumat, 5 Agustus 2011

Penulis : Dedhi Suharto, Ak., M.Ak., CIA, CISA (Auditor Muda Inspektorat Bidang Investigasi)

Akhirnya, pada tanggal 1 Agustus 2011 Menteri Keuangan mengesahkan PMK Nomor 124/PMK.09/2011 tentang Metode Penentuan Jenis Hukuman Disiplin (MPJHD) dalam Rangka Penjatuhan Hukuman Disiplin Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Keuangan.

readmore

    
    


Profile


Biografi Inspektur Jenderal

Bernama lengkap Vincentius Sonny Loho, Ak., M.P.M atau akrab di sapa Sonny Loho. Beliau lahir di Jakarta, 1 Juni 1957. Beliau memulai karirnya di Kementerian Keuangan sejak tahun 1980.

readmore



Recent News

 

Link Situs

 

 

 

 

 

 

Video

 

 

 

Contact Us

Gedung Djuanda II Lantai IV-XIII Kementerian Keuangan
Jalan dr. Wahidin No. 1 Jakarta 10710 Kotak Pos 3132 Jkt. 10031
Telp. +62 21-3865430
Fax. +62 21-3440907
Sms Pengaduan : 08159966662

e-mail : itjen@depkeu.go.id     
e-mail Tim LP2P : timlp2p@depkeu.go.id

FAQ




 
Copyright © 2012 . Bagian Sistem Informasi Pengawasan - Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan.   Sitemap   .