•NILAI NILAI KEMENTERIAN KEUANGAN • Integritas • Profesionalisme • Sinergi • Pelayanan • Kesempurnaan • >> Integritas • Bersikap jujur, tulus dan dapat dipercaya • Menjaga Martabat dan tidak melakukan hal-hal tercela :: Profesionalisme • Mempunyai keahlian dan pengetahuan yang luas • Bekerja dengan hati :: Sinergi • Memiliki sangka baik, saling percaya dan menghormati • Menemukan dan melaksanakan solusi terbaik :: Pelayanan • Melayani dengan berorientasi pada kepuasan pemangku kepentingan • Bersikap proaktif dan cepat tanggap :: Kesempurnaan • Melakukan perbaikan terus menerus • Mengembangkan inovasi dan kreativitas <<
 


Sosialisasi Kebijakan dan Hasil Pengawasan Intern Kemenkeu di Kanwil DJBC Riau dan Sumatera Barat

Senin, 16 Juli 2012

 

Jakarta (28/5) – Dalam rangka mewujudkan sistem pengendalian intern yang kuat di lingkungan Kementerian Keuangan, Inspektorat Jenderal menyusun kebijakan pengawasan (jakwas) intern Kementerian Keuangan. Program dan kegiatan dalam rangka jakwas tersebut ditetapkan setiap tahun dalam Keputusan Inspektur Jenderal mengenai tema pengawasan unggulan (TPU) dan dukungan pengawasannya.  Untuk memberikan paparan mengenai hasil TPU 2011 dan TPU yang akan dilaksanakan pada tahun 2012 ini, Inspektorat II yang melakukan kegiatan pengawasan pada unit yang menangani bidang kepabeanan dan cukai (DJBC) melakukan kegiatan sosialisasi kebijakan dan hasil pengawasan intern Kemenkeu di Kanwil DJBC Riau dan Sumatera Barat.

 

Sambutan dari perwakilan Kanwil DJBC Riau dan Sumbar, Kepala Bidang Audit, Arif (dari kiri : Aiddy. J, Ibu Anne Akbari, Arif dan Subagyo)

 

Acara sosialisasi yang dihadiri ± 50 orang yang terdiri dari pejabat/pegawai Kanwil DJBC Riau dan Sumbar beserta beberapa perwakilan dari kantor vertical dibawahnya ini dimulai pada pukul 8.00 WIB.  Acara sosialisasi ini dibuka dengan sambutan dari perwakilan Kanwil DJBC Riau dan Sumbar yang disampaikan oleh Kabid.Audit, Bp. Arif, dan diikuti dengan penyerahan cinderamata dari Itjen ke Kanwil DJBC Riau dan Sumbar, dan sebaliknya.  Acara inti dalam sosialisasi ini adalah paparan materi dari narasumber Inspektorat II.  Terdapat 3 (tiga) tema yang disampaikan yaitu mengenai kebijakan pengawasan (jakwas) intern Kemenkeu yang disampaikan oleh Anne Akbari NHCA, Ak, MBA, hasil pengawasan unggulan tahun 2011 oleh Subagyo, Ak., MBA dan tema pengawasan unggulan tahun 2012 yang disampaikan oleh Aiddy Jacqueline. V.P, S.E.

 

Peserta sosialisasi Kebijakan dan Hasil Pengawasan Intern Kemenkeu

 

 

Paparan materi dari narasumber

 

Dalam paparan materi yang disampaikan tersebut, dijelaskan bahwa sepanjang tahun 2011, terdapat 9 (Sembilan) TPU diantaranya asistensi pembentukan UKI di lingkungan DJBC, Audit atas pelayanan pengembalian (Restitusi) Bea Masuk dan Cukai dan PDRI, Audit atas Pengawasan  dan Pelayanan Pemberian Fasilitas Pembebasan Cukai Ethyl Alkohol, dan beberapa tema pengawasan unggulan lainnya.  Untuk TPu terkait audit atas pengawasan dan pelayanan pemberian fasilitas pembebasan cukai ethyl alhokol, kegiatan pegawasan ini dilakukakan untuk menilai efektifitas, ketaatan perusahaan-perusahaan penerima fasilitas tersebut, serta menilai sejaih mana efektifitas pengawasan dan pelayanan pemberian fasilitas pembebasan cukai ethyl alcohol. Dari kegiatan pengawasan yang dilakukan, telah dihasilkan 2 (dua) output utama berupa draft Peraturan Dirjen Bea dan Cukai tentang Tata Cara Pembebasan Cukai  dan Tata Cara Pencampuran dan Perusakan Ethyl Alkohol yang mendapat pembebasan cukai. 

 

Seusai paparan materi yang disampaikan ketiga narasumber tersebut, acara sosialisasi ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang menampung semua pertanyaan, kritik, dan juga masukan khususnya untuk tema pengawasan unggulan tahun mendatang. Pada kesempatan tersebut, juga dimanfaatkan untuk seluruh peserta bertukar pengalaman atas permasalahan yang mereka hadapi di lapangan sehari-hari dan juga meminta saran dan solusi atas permasalahan yang ada kepada pihak Itjen.  Sesi tanya jawab ini diakhiri pada pukul 11.30 WIB dan ditutup dengan jamuan makan siang. Dengan terselenggaranya sosialiasi ini, diharapkan mampu membantu seluruh jajaran pegawai DJBC yang terjun di lapangan untuk dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. (Humas Itjen 2012)

 

   

  Antusias peserta dalam sesi tanya jawab



    


Profile


Biografi Inspektur Jenderal

Bernama lengkap Vincentius Sonny Loho, Ak., M.P.M atau akrab di sapa Sonny Loho. Beliau lahir di Jakarta, 1 Juni 1957. Beliau memulai karirnya di Kementerian Keuangan sejak tahun 1980.

readmore



Recent News

 

Link Situs

 

 

 

 

 

 

 

Video

 

 

 

Contact Us

Gedung Djuanda II Lantai IV-XIII Kementerian Keuangan
Jalan dr. Wahidin No. 1 Jakarta 10710 Kotak Pos 3132 Jkt. 10031
Telp. +62 21-3865430
Fax. +62 21-3440907
Sms Pengaduan : 08159966662

e-mail : itjen@depkeu.go.id     
e-mail Tim LP2P : timlp2p@depkeu.go.id

FAQ




 
Copyright © 2012 . Bagian Sistem Informasi Pengawasan - Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan.   Sitemap   .