•NILAI NILAI KEMENTERIAN KEUANGAN • Integritas • Profesionalisme • Sinergi • Pelayanan • Kesempurnaan • >> Integritas • Bersikap jujur, tulus dan dapat dipercaya • Menjaga Martabat dan tidak melakukan hal-hal tercela :: Profesionalisme • Mempunyai keahlian dan pengetahuan yang luas • Bekerja dengan hati :: Sinergi • Memiliki sangka baik, saling percaya dan menghormati • Menemukan dan melaksanakan solusi terbaik :: Pelayanan • Melayani dengan berorientasi pada kepuasan pemangku kepentingan • Bersikap proaktif dan cepat tanggap :: Kesempurnaan • Melakukan perbaikan terus menerus • Mengembangkan inovasi dan kreativitas <<
 


Sosialisasi Laporan Pajak-Pajak Pribadi (LP2P) dan Whistleblowing System (WiSE) Kementerian Keuangan Wilayah Jawa Timur

Senin, 28 Mei 2012

 

Jakarta – Sebagai salah satu bentuk pengembangan terhadap pengelolaan dan penatausahaan Laporan Pajak-Pajak Pribadi (LP2P) pejabat/pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Inspektorat Jenderal telah membangun aplikasi LP2P berbasis web. Aplikasi ini diberi nama ‘e-LP2P’. Aplikasi e-LP2P memberikan kemudahan bagi para pejabat/pegawai di lingkungan Kemenkeu untuk mengisi dan menyampaikan LP2P secara online. Di lain pihak, dalam rangka mendorong peran serta pejabat/pegawai di lingkungan Kemenkeu untuk mencegah dan memberantas tindak pidana korupsi serta penyalahgunaan wewenang yang terjadi, Inspektorat Jenderal juga membangun aplikasi Whistleblowing System (WiSE). Aplikasi yang berbasis web ini merupakan sarana untuk menyampaikan pengaduan-pengaduan terhadap tindak korupsi yang dilakukan unsur Kemenkeu secara online. Upaya ini merupakan bentuk keseriusan Inspektorat Jenderal untuk menindak para pegawai Kemenkeu yang melakukan pelanggaran dan penyimpangan.

 

Sebagai tindak lanjut pengembangan aplikasi e-LP2P dan WiSE, Inspektorat Jenderal melakukan sosialisasi e-LP2P dan WiSE pada unit-unit satuan kerja di lingkungan Kemenkeu Pusat maupun Daerah. Setelah dilakukan sosialisasi di Kemenkeu Pusat, Inspektorat Jenderal secara serentak melakukan sosialisasi e-LP2P dan WiSE di lingkungan Kemenkeu Daerah, salah satunya di Kemenkeu Wilayah Jawa Timur. Acara Sosialisasi Penyampaian e-LP2P dan WiSE di Wilayah Jawa Timur digelar satu hari, yaitu tanggal 18 April 2012 di Gedung Kanwil DJP Jawa Timur I, Jagir Wonokromo, Surabaya.

 

Peserta Sosialisasi e-LP2P dan WiSE di Wilayah Jawa Timur

 

Sosialisasi ini diselenggarakan untuk memberikan pemahaman kepada para pegawai Kemenkeu di Wilayah Jawa Timur mengenai penyampaian e-LP2P dan WiSE Kementerian Keuangan. Peserta yang hadir sebanyak 151 orang. Mereka merupakan perwakilan dari satuan kerja di Wilayah Jawa Timur, meliputi DJP, DJBC, DJPBN, DJKN, dan BDK Malang. Acara yang dimulai pada pukul 08.00 WIB ini dibuka oleh Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Jawa Timur, Suharno. Dalam sambutannya, Suharno menyebutkan bahwa unit-unit kerja di lingkungan Kemenkeu selalu berusaha untuk meng-upgrade diri menuju arah yang lebih baik, mengikuti perkembangan jaman dan mengakomodasi kebutuhan dan kemudahan bagi masyarakat dalam menjalankan fungsinya. Salah satunya memberikan sarana pengaduan atas pelanggaran dan tindak KKN yang dilakukan para pegawai Kemenkeu, sehingga masyarakat mempunyai andil untuk turut serta mewujudkan clean governancedi instansi pemerintah, khususnya Kemenkeu melalui aplikasi WiSE Kemenkeu.

 

Suharno membuka acara sosialisasi

 

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi e-LP2P oleh Kepala Bagian Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Itjen, Renowidya. Dalam penjelasannya, Renowidya menekankan perlunya kesadaran dan keseriusan dari seluruh pejabat/pegawai di lingkungan Kemenkeu untuk menyampaikan dokumen LP2P dengan benar dan tepat waktu. Juga disampaikan bahwa penggunaan e-LP2P dikembangkan untuk mempermudah pegawai dalam pengisian data LP2P, mengirimnya dengan lebih cepat, dan diakses kapan saja dan dimana saja. Renowidya juga mempraktekan proses pengisian e-LP2P mulai login sampai dengan pengiriman berkas LP2P.

 

Renowidya memberikan Materi

 

Selanjutnyaadalah presentasi dari Guntur Budiarto, Auditor Inspektorat Bidang Investigasi (IBI). Guntur menjelaskan mengenai materi WiSE Kemenkeu secara global, sekaligus memberikan pemahaman mengenai pengelolaan WiSE Kemenkeu. Secara garis besar, Guntur meminta agar pejabat/pegawai di wilayah Jawa Timur berpartisipasi aktif untuk memberantas korupsi di lingkungannya secara bersama-sama. Disela-sela penyampaian materi, dilakukan pemutaran video WiSe (whistleblowing system) Kementerian Keuangan untuk mengadukan pelanggaran disiplin pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan melalui basis website.  Masih membahas materi WiSE, Sigit Prasetyo (IBI) menjelaskan proses pengisian aplikasi WiSE mulai dari pembuatan user akun sampai dengan cetak nomor register yang menandakan berhasilnya suatu pengaduan disampaikan.  

 

  

Guntur(kiri)  dan Sigit (kanan) memberikan materi WiSE Kemenkeu

 

Di tahap sesi tanya jawab, para peserta antusias mengajukan pertanyaan. Hal ini tercermin dari banyaknya pertanyaan yang diajukan, baik terkait dengan penyampaian materi LP2P atapun WiSE Kementerian Keuangan. Terakhir, Suharno memberikan pesan-pesan kepada para peserta sebelum menutup acara sosialisasi. Menurutnya, para pejabat/pegawai harus memiliki keseriusan untuk menyampaikan LP2P dan turut berperan aktif untuk memberantas korupsi dalam menjaga dan mengawasi pelaksanaan fungsi dan tugas pokok di lingkungan Kementerian Keuangan secara efektif dan efisien (humas Itjen).



    


Profile


Biografi Inspektur Jenderal

Bernama lengkap Vincentius Sonny Loho, Ak., M.P.M atau akrab di sapa Sonny Loho. Beliau lahir di Jakarta, 1 Juni 1957. Beliau memulai karirnya di Kementerian Keuangan sejak tahun 1980.

readmore



Recent News

 

Link Situs

 

 

 

 

 

 

Video

 

 

 

Contact Us

Gedung Djuanda II Lantai IV-XIII Kementerian Keuangan
Jalan dr. Wahidin No. 1 Jakarta 10710 Kotak Pos 3132 Jkt. 10031
Telp. +62 21-3865430
Fax. +62 21-3440907
Sms Pengaduan : 08159966662

e-mail : itjen@depkeu.go.id     
e-mail Tim LP2P : timlp2p@depkeu.go.id

FAQ




 
Copyright © 2012 . Bagian Sistem Informasi Pengawasan - Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan.   Sitemap   .