Sosialisasi Penyampaian Laporan Pajak-Pajak Pribadi (LP2P) dan Whistleblowing System (WiSE) Kementerian Keuangan Wilayah Sumatera Utara

Senin, 28 Mei 2012

 

Jakarta – Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan telah membangun aplikasi pengisian Laporan Pajak-Pajak Pribadi (LP2P) dan Daftar Harta Kekayaan (DHK) yang berbasis web (e-LP2P) dan telah meluncurkan aplikasi Whistleblowing System (WiSE) pada tahun 2011. Dengan adanya kedua aplikasi tersebut, merupakan bukti bahwa Inspektorat Jenderal serius dalam membangun sarana early warning system dan menindak pelanggaran/penyalahgunaan wewenang yang dilakukan pegawai/pejabat di Lingkungan Kementerian Keuangan. Untuk memperkenalkan kedua aplikasi tersebut, Inspektorat Jenderal melakukan sosialisasi di Lingkungan Kementerian Keuangan pada Kantor Pusat dan beberapa Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan di daerah.

 

Bapak Gaus Sitompul memberikan pidato pembukaan.

 

Pada hari Rabu, 18 April 2012, Inspektorat Jenderal melakukan Sosialisasi Penyampaian Laporan Pajak-Pajak Pribadi (LP2P) dan Whistleblowing System (WiSE) Kementerian Keuangan pada Wilayah Sumatera Utara. Bertempat di Aula Gedung Keuangan Negara Medan. Acara yang dibuka oleh Bapak Muhamad Gaus Sitompul selaku Kepala Rumah Tangga GKN Medan, berjalan lancar dan mendapat perhatian yang cukup baik dari peserta yang diundang. Dalam pembukaannya, Bapak Muhamad Gaus Sitompul sangat senang dengan kedatangan Inspektorat Jenderal melakukan sosialisasi di Kota Medan. Selain itu, beliau juga berpesan kepada para peserta untuk selalu meningkatkan kualitas kerja karena pekerjaan kita diawasi oleh semua orang termasuk rekan kerja dan atasan kita di kantor.

 

Bapak Tri Achmadi memberikan pemaparan mengenai aplikasi e-LP2P

 

Dalam sosialisasi tersebut, Bapak Tri Achmadi diberi kesempatan untuk memaparkan tentang pelaporan LP2P dan DHK pagi pegawai/pejabat di Lingkungan Kementerian Keuangan dan mekanisme penggunaan aplikasi pelaporan LP2P dan DHK berbasis web (e-LP2P). Dalam pemaparannya, Bapak Tri Achmadi mengingatkan kepada para peserta, umumnya kepada seluruh pegawai di Lingkungan Kementerian Keuangan agar mendaftarkan diri untuk memperoleh akun email depkeu yang nantinya wajib diperlukan dalam mekanisme penggunaan aplikasi pelaporan LP2P dan DHK berbasis web (e-LP2P).

 

Bapak Luki Fajar memberikan pemaparan mengenai aplikasi Whistleblowing System (WiSE)

 

Acara dilanjutkan dengan pemaparan aplikasi Whistleblowing System (WiSE) oleh Bapak Luki Fajar. Dalam pemaparannya, Bapak Luki Fajar mengingatkan kepada para peserta bahwa dalam melihat suatu jenis pelanggaran/penyalahgunaan wewenang agar jangan mudah menghakimi seseorang bahwa orang tersebut bersalah dan tetap menggunakan azas praduga tak bersalah. Kita harus melakukan pembuktian terlebih dahulu terhadap setiap pelanggaran/penyalahgunaan wewenang yang kita temukan di Lingkungan Kementerian Keuangan.

 

 

Para peserta cukup antusias dengan pemaparan yang diberikan Tim Pembicara dari Inspektorat Jenderal

 

Pemberian cindera mata dari Inspektorat Jenderal

 

Setelah pemaparan, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pada sesi tanya jawab ini, para peserta sangat antusias mengajukan pertanyaan kepada Tim Pembicara dari Inspektorat Jenderal. Acara dilanjutkan dengan Pidato Penutup dari Bapak Gaus Sitompul dan pemberian cindera mata dari Inspektorat Jenderal kepada Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Sumatera Utara, dalam hal ini diwakilkan oleh Bapak Gaus Sitompul selaku Kepala Rumah Tangga GKN Medan.(humas Itjen).



Profil

Biografi Inspektur Jenderal

Kiagus Ahmad Badaruddin

Lahir di Palembang pada tanggal 29 Maret 1957. Menempuh pendidikan Diploma III Ekonomi Perusahaan dan S1 ekonomi Manajemen di Universitas Sriwijaya Palembang. Gelar Sarjana Ekonominya diraih pada tahun 1986. Menempuh pendidikan S2 di Universitas of Illinois at Urbana-Champaign dan mendapatkan gelar Master of Science pada tahun 1991. Perjalanan karir di Kementerian Keuangan dirintis sejak tamat SMA tahun 1977.

read more...


Recent News

 

Link Situs


 

 

 

 

 

 

 

 

Video

 

Contact Us

Gedung Djuanda II Lantai IV-XIII Kementerian Keuangan
Jalan dr. Wahidin No. 1 Jakarta 10710 Kotak Pos 3132 Jkt. 10031
Telp. +62 21-3865430
Fax. +62 21-3440907
Sms Pengaduan : 08159966662

e-mail : itjen@depkeu.go.id     
e-mail Tim LP2P : timlp2p@depkeu.go.id

FAQ


ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN

@show